Welcome to our company-Sebuah cerita dibalik cerita

Mungkin bagi orang yang deal dengan perusahaan tertentu, pasti mendengar kata yang maknanya serupa. Sebuah kesempatan yang tiba untuk pertama kali, tepatnya Senin 18 Januari2010.  Yup, gw di hire FMCG (fast moving consumer goods) company.

Yup, I hired by FMCG (fast moving consumer goods) company.

Akhirnya doa saya dan dari teman2 yang banyak menguatkan saat itu terjawab. Kenapa saya bilang saat itu? Karena ini adalah langkah terberani saya, dengan resiko yang tinggi dan mendobrak ketidakmampuan saya dalam memutuskan sesuatu hal secara cepat, Melz melaju untuk melangkah.

Hmmm,,memangnya ada apa? Ada sebuah cerita dan sangat singkat. Okey, saya coba cerita tentang dibalik cerita ini. Hari itu (liat dibagian bawah),,,seperti kebiasaan saat libur adalah bangun siang. Saat seluruh orang di rumah sudah pergi untuk beraktivitas, saya hanya bermalas-malasan di tempat tidur. Badan yang sudah bosan berada di tempat tidur meminta untuk beranjak dari sana. Dan seperti temen-temen lainnya, melz menuju komputer untuk membuka jendela baru di hari itu.

Handphone pun selalu diajak bersama, dan tiba-tiba telepon itu pun berbunyi. Sebuah angka tak dikenal muncul pada display LCD pada jam 11.00.  Segera diangkat,,,karena sudah di awal tahun 2010, saya mencoba untuk apply kerja.  Dalam hati pun berkata, mungkin itu panggilan.  Ternyata benar, itu adalah telepon dari perusahaan FCMG. Singkatnya saya diminta untuk datang psikotest jam 13. Letak psikotest tidak berjauhan dengan posisi rumah, Baiklah saya coba (dengan tujuan saya hanya ingin menggunakan waktu saja).

saya coba (dengan tujuan saya hanya ingin menggunakan waktu saja)

Saya pun berangkat menuju kantor tersebut dengan membawa beberapa berkas yang diminta. Hanya bertemu dengan beberapa orang (tampaknya baru di tes juga), saya tidak banyak berinteraksi dengan mereka. Akhirnya saya pun psikotes dimulai jam 14.00 dan selesai jam 16. Psikotes dengan komputer dan tanpa persiapan membuat saya tidak terlalu berharap akan kelanjutan dari rekruitmen. Ya,,,tujuan awal saya memang hanya ingin menghabiskan waktu saya. Sehabis psikotes, saya berbicara dengan seorang kandidat dan dia sedang menunggu untuk wawancara akhir. Di saat itu, saya diberitahu bahwa program rekruitmen ini akan dimulai Senin,18Januari2010. APA??!?!? Iya,,hari ini sign contract koq…langsung.  Pada saat itu, di kepala saya cuma satu, tidak mungkin saya lanjut karena saya gak optimal saat psikotes tersebut.

Mungkin bisa dibilang kualat yah, saya selalu menganggap enteng hal yang memang tidak saya impikan. Apa yang saya impikan? Impian saya sangat idealis dan realistis, saya lulusan biologi-dengan spesifikasi ekologi, dan menyukai lingkungan maka saya ingin sekali bekerja dengan lingkungan, terutama di konsultan lingkungan. Tujuannya supaya saya bisa aplikasi ilmu saya dan belajar lebih. Tetapi memang apa yang manusia inginkan, belum tentu yang Tuhan juga inginkan buat ciptaanNya.

Impian saya sangat idealis dan realistis

Menunggu kandidat itu beres wawancara, saya pun masih santai dengan pikiran ah di wawancara pasti gak lolos. Edun lah (Gokil), saya hanya di wawancara sama direktur HRD sedangkan yang lain perlu 3 tahapan untuk sampai ke sign contract. Direktur ini memberikan kesempatan pada saya untuk bergabung tetapi dengan penjelasan terlebih dahulu mengenai program rekruitmen ini. BAgaimana dengan proses rekruitmen, penempatan, dan PENALTY. Saat selesai wawancara pun, saya masih gak memikirkan bahwa saya ini sudah menuju sign in contract.

Inilah yang jadi saat menentukan bagi saya. Saya panik, kaget- terheran-heran dan bingung kenapa jadi begini. Pihak HRD pun akhirnya menemui saya dan bersiap memberi kontrak untuk ditandatangani. Saya akhirnya minta waktu kepada pihak HRD, untuk pending sign in. Namun mereka bilang, kalau tidak bisa, berarti ini dilepas, sedangkan kalau diterima ini bisa dibaca soal peraturan dll. HRD pun memahami saya bahwa saat itu saya memerlukan waktu untuk mengambil keputusan. Saya tidak menyia-yiakan waktu  untuk berdoa dan berpikir jernih.

Keputusannya adalah saya lanjut untuk meniti di program tersebut. Beginilah ceritanya teman, mengapa sering bilang saya masuk jalur fast track. Karena hari itu adalah hari jumat, 15 Januari 2010. Sebuah kesempatan cepat, langka dan ajaib. Saya mengambil resiko, menggunakan keberanian saya dan menggantungkan masa depan saya untuk menjalani ini dalam pimpinan Tuhan.

Saat ini keputusan sudah diambil dan no turning back bagi saya. Yang harus saya lakukan adalah menggunakan kesempatan, belajar, semangat dan menyakini diri saya bisa mencapai apa yang saya pilih.

Cerita ini saya persembahkan buat Tuhan, keluarga, dan teman2. Tanpa salah satu diantara ketiga itu, melz tidak bisa mencapai titik baru ini.  Buat temen-temen, tetap saling  mendukung dan menguatkan supaya bisa mencapai sesuatu. Buat Si Impian, tetaplah berapi dalam hati dan pikiran saya. Saya akan menjadi sang pemimpi yang mengejar dan mewujudkan mimpi itu. Semoga akan ada jalan menuju impian itu dan saat itu datang, saya akan ingat cerita lain di balik cerita.

Iklan

10 Komentar (+add yours?)

  1. Ganthar
    Jan 23, 2010 @ 16:08:51

    Uwey… slamet ye… akhirnya…
    Makanya jangan tegang mulu… semua bisa datang kapan aja, termasuk saat nyantai dan ngasal…

    Ayo… ayo… duit ditabung… ntar kita kumpulin rame2 dan kejar impian rame2…

    Hidup yg tidak diperjuangkan tidak layak untuk dihidupi…

    Balas

    • melz
      Jan 23, 2010 @ 16:21:51

      Ihiy,,akhirnya dikomentarin. Thx agung ‘gantar’
      Itu jadi beban menunggu. Sip2 pasti bakal menabung koq,,,preapre buat PENALTY,,gak ding (gw gak akan nyerah)
      Siap2 bwt proyek yah.

      Balas

  2. rosma
    Jan 23, 2010 @ 16:11:23

    ow ow ow.. mostly udah sy baca di ym lah ya say.. hihihihi..

    tetap percaya kalo apa yang diberi oleh Tuhan itu adalah sesuatu yg benar2 kita butuhkan..

    eheheheh. i put a big effort to myself to do that..

    i am so happy for you. coz u did it. you’r not just passed it away. coz it’s your chance. chance never comes twice.

    waiting for your another story. ehehe. i will give you my story too. like always. miss u so much. big flower bunch for you. coz u deserve it. 😀

    is FCMG (fast moving consumer goods) a branch of Orang Tua Group?

    Balas

    • melz
      Jan 23, 2010 @ 16:19:05

      Thank maw,,many things that we shared make us to become better than before.
      Just be patient and ur time will come. Prepare for it dear.
      *Correction,it should be FMCG. FCMG is one of OTG industries. There are 2 others industries i.e distribution and finance.

      Balas

  3. tazy
    Jan 24, 2010 @ 11:25:37

    mel……whuaaahhh…dahsyat euy ceritanyaaaa…
    congratulation yaaa…
    best wishes for you, friend..
    dan semoga sukses sama apa yg mel jalanin sekarang..
    ;D

    Balas

    • melz
      Jan 24, 2010 @ 12:14:21

      Makasih taz…berkat dukungan temen2 jg aku bs sampai saat ini koq.
      Kaw jg ya taz..rencana bwt studi dll. Eh2..kmu teh ud beres lom ngejar si ‘komet’?
      itu blog tazzy yah? Apa urlnya??
      sering2 mampir kesini biar tau kabar melz.hi8

      Balas

  4. Wawa
    Jan 25, 2010 @ 05:34:51

    meeeeel..
    congratulationsss deaaar!!!
    hihihi.. what an amazing story u got here..
    this is a chance for you to learn something new, working in an FMCG company.. meskipun bkn bidang yang lo impikan, tp pasti bisa blajar sst dari situ..

    good luck for your new adventure meeel!
    looking forward for your stories.. hehe

    Balas

    • Melz
      Jan 26, 2010 @ 11:34:43

      Thanks wawa..Just tell me if you join project in environment or something related with, I would like to participate it. Miss you wa!

      Balas

  5. maim
    Mar 05, 2010 @ 03:49:11

    meeeeeel….
    woow =D
    life is choice heuheuheu…
    slamat berjuang sob =)

    Balas

  6. Jeffrey Siauw
    Mei 03, 2010 @ 05:15:13

    Hai Mel…
    Udah kerja ya?? Di Jakarta atau dimana?
    Seneng denger kamu udah kerja… kayak senengnya dulu waktu tau kamu diterima di ITB hehehe…
    God bless you Mel 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: